Bisnis.com, BANDUNG—Potensi kargo yang tinggi dinilai bisa menghidupkan Bandara Kertajati, Majalengka sekaligus melepas ketergantungan dari masih belum berjalannya penerbangan komersial.

 

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari mengatakan pihaknya sudah menargetkan pada 2021 ini khususnya untuk sektor transportasi udara untuk kembali menghidupkan aktivitas Bandara Kertajati dengan bisnis kargo dan umrah.

 

“Sudah menjadi quick wins kami, 2021 Kertajati jadi pusat logistik,” katanya di Bandung, Rabu (5/1/2021).

 

Menurutnya pogram ini menindaklanjuti perintah Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang sudah mencanangkan Kertajati sebagai pusat logistik nasional pada 2019 lalu. Karena pandemi, Hery mengakui upaya menindaklanjuti rencana ini sedikit melambat.

 

“Kita akan mencoba memproses kembali, tahun lalu kami sudah berkirim surat ke Kementerian Perhubungan, tapi adanya pandemi jadi di-hold, kami akan dorong lagi,” tuturnya.

 

Dinas Perhubungan sendiri menurutnya sudah beberapa kali menggelar pertemuan dengan jajaran direksi PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BJIB) membahas peluang menggenjot kargo.

 

“Di divisi pemulihan ekonomi daerah ini dibahas juga, kebetulan di situ stakeholder ada,” ujarnya.

 

Menurutnya jika tidak ada pandemi, Bandara Kertajati dipastikan bakal hidup baik dari sisi penerbangan komersial maupun kargo. Ketika kondisi masih normal, dua layanan dari Bandara Husein Sastranegara ini bahkan beralih ke sana.

 

“Arahnya ke sana. Ketika sudah dicanangkan oleh Pak Gubernur ke Kertajati, otomatis logistik Husein juga pindah ke sana,” katanya.

Indonesian

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Tag HTML yang dibolehkan: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.