Pascalebaran, Bandara Kertajati Mulai Berangkatkan Umrah dan Haji

JAKARTA (KUMPARAN),- Bandara Kertajatiakan segera mulai digunakan untuk pemberangkatan haji dan umrah. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemberangkatan haji dan umrah melalui Bandara Kertajati khusus bagi masyarakat Jawa Barat.

“Kita bahas haji dan umrah melalui Kertajati sudah diputuskan. Semua haji dan umrah untuk Jawa Barat bagian timur. Jadi itu ada Majalengka, ada Subang, Indramayu, Cirebon Tasikmalaya, Ciamis,” ujarnya usai rapat koordinasi di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Jumat (10/5).

Hingga kini pihaknya sedang mempersiapkan embarkasi calon jemaah haji dan umrah. Pemerintah juga tengah menghitung kuota jemaah haji dan umrah yang dapat diberangkatkan dari Bandara Kertajati. “Itu ke sana nanti asrama haji ada di hotel Cirebon,” ucapnya.

Dengan adanya pemberangkatan haji dan umrah dari Kertajati, kepadatan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dapat dikurangi.

Budi Karya juga sedang merancang maskapai mana saja yang rencananya akan menampung calon jemaah haji dari Bandara Kertajati. Untuk keberangkatan awal, Budi memperkirakan akan ada 20 penerbangan. “Kalau mungkin setelah lebaran,” jelasnya.

Tahun ini, Kementerian Agama (Kemenag) mencatat akan ada 221 ribu jemaah haji yang berangkat. Di antaranya 204 ribu jemaah reguler dan 17 ribu lainnya jemaah haji khusus atau plus.