Pesawat Berbadan Lebar Boeing 747 Sukses Mendarat Perdana di Kertajati

Bisnis.com, BANDUNG — Pihak Saudi Airlines bersama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka terus memantapkan persiapan bandara tersebut menjadi embarkasi/debarkasi haji 2020.

Pada Minggu (12/1/2020) pagi ini, untuk pertama kalinya bandara yang saham mayoritasnya dimiliki oleh Pemprov Jawa Barat tersebut didarati pesawat berbadan lebar Boeing 747-400 milik maskapai Flynas Arab Saudi. “First landing wide body KJT,” kata Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi.

Menurutnya, Flynas merupakan maskapai anak perusahaan milik Saudia atau SV (Saudi Airlines) yang diterbangkan dalam rangka menguji kesiapan Kertajati menerbangkan dan mendaratkan jamaah pada musim haji mendatang. “Untuk memastikan KJT [kode Kertajati] siap penerbangan haji,” ujarnya pada Bisnis.

Mendaratnya Flynas tersebut juga bagian dari survei kesiapan yang dilakukan oleh GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi. Rafi memastikan kemantapan Kertajati melakukan penerbangan haji sudah siap. “Persyaratan bandara internasional kami sudah siap, nggak ada masalah,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar mengatakan, kuota jemaah haji Jabar pada 2020, yakni 38.852 jemaah. Jumlah ini tergabung 97 kelompok terbang (kloter) ini menggunakan jenis pesawat Boeing 777 yang bisa menampung sekitar 393 penumpang sekali terbang.

SUMBER