Reaktifasi Empat Jalur Kereta Akan Diintegrasikan dengan Bandara Kertajati

BANDUNG, (PR).- Reaktifasi empat jalur rel kereta api di Jawa Barat seiring dengan pembangunan infrastruktur transportasi di Jabar saat ini. Untuk diketahui Pemprov dan PT Kereta Api Indonesia akan mereaktifasi empat jalur kereta api di Jalur Bandung-Ciwidey, Rancaekek-Tanjungsari, Banjar-Pangandaran-Cijulang dan Cibatu-Garut.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dedi Taufik mengatakan, pihaknya memang tengah melakukan integrasi dalam transportasi publik di Jabar.

“Soal reaktifasi kereta api, kami rencanakan terintegrasi dengan Bandara Internasional Jawa Barat, sekarang bandara sudah selesai tinggal merencanakan jalur kereta apinya. Gubernur juga ingin jalur Rancaekek Tanjungsari bisa ke Kadipaten Kertajati, atau double track ke Pantura-Arjawinangun masuk ke Kertajati,” ujar dia dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu, 19 September 2018. 

Diakui dia, rencana tersebut untuk memicu dampak kehadiran BIJB yang saat telah beroperasi. 

Selain itu, kata dia, kereta api pun direncanakan bisa terkoneksi dengan pelabuhan Patimban yang sedang  berjalan, yang tahun depan diresmikan pada Maret 2019. Selain itu, Pelabuhan Ratu dan Bojong Salawe di Pangandaran, yang dekat dengan Bandara Nusawiru seiring dengan reaktifasi kereta api Banjar-Pangandaran-Cijulang yang akan terkoneksi dengan Bojong Salawe. 

Dengan sejumlah rencana tersebut kata Dedi, pihaknya tak hanya memberikan pelayanan namun juga harus mengutamakan keselamatan penumpang. 

“Kedepankan safety baru pelayanan. Sesuai dengan hari perhubungan ini guyub rukun bangun bangsa guyub rukun untuk mewujudkan transportasi berkeselamatan,” ujar dia.

 

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2018/09/19/reaktifasi-empat-jalur-kereta-akan-diintegrasikan-dengan-bandara-kertajati