Pembangunan Jalan Akses Ke BIJB Jadi Prioritas

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Pembangunan sarana jalan dan jembatan yang memiliki akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) menjadi skala prioritas pemerintah. Kendati demikian, pembangunan sarana jalan yang tidak memiliki akses langsung ke BIJB juga tetap mendapatkan perhatian.

Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Majalengka, H. Dedi Rahmadi melalui Kabid Bina Marga Ruchyana megatakan, Pemerintah Kabupaten Majalengka memberikan perhatian yang serius terhadap tersedianya sarana infrastruktur pendukung BIJB.

Keseriusan pemerintah dalam penyiapan sarana pendukung seperti jalan dan jembatan yang memiliki akses ke BIJB mendapat dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat.

“Tidak dapat dipungkiri bahwasanya pemerintah saat ini tengah berupaya untuk mewujudkan Majalengka menjadi daerah yang lebih maju dan berkembang, dan itu harus didukung oleh tersedianya sarana jalan atau transportasi yang memadai,” katanya, Kamis (11/2).

Menurut Ruchyana, keseriusan pemerintah untuk meningkatkan sarana jalan sudah terlihat sejak bebeapa tahun terakhir. Sejumlah ruas jalan yang memiliki akses ke BIJB dilakukan penataan. Beberapa ruas jalan yang penataanya telah dilakukan sejak tahun lalu diantaranya ruas jalan Cigasong- Jatiwangi.

Kedepan ruas jalan tersebut akan menjadi dua jalur. Penataan sarana jalan yang berakses ke BIJB juga mulai dilakukan di Sumberjaya-Ligung.

“Penataan jalan Sumberjaya-Ligung ini bertujuan mempermudah pengguna jalan yang akan menuju BIJB. Karena itu pemerintah melakukan pembenahan dengan melakukan pelebaran jalan agar lebih mudah dilalui oleh  berbagi jenis kendaraan,” jelasnya.

Kendati pemerintah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan sarana jalan yang memiliki akses ke BIJB, tidak berarti ruas jalan lainnya di daerah tidak diperhatikan.

Pemerintah, kata Ruchyana, juga konsen terhadap penyediaan sarana jalan yang layak bagi masyarakat. Dia mencontohkan pembangunan sarana jalan di berbagai daerah yang telah dilakukan sepanjang tahun 2015 lalu.

“Selain menata jalan akses BIJB, tahun lalu banyak juga ruas jalan di daerah yang kami perbaiki, bahkan dilakukan pelebaran agar lebih layak dan mempermudah masyarakat. Karena sarana jalan memiliki fungsi penting dalam meningkatkan perekonomian di daerah,” pungkasnya. (ABR)

Sumber: http://news.fajarnews.com/read/2016/02/11/9002/pembangunan.jalan.akses.ke.bijb.jadi.prioritas (12 Februari 2016 / 10.15 WIB)