Soal Peluang Embarkasi Haji di Bandara Kertajati, Ini Kata Menhub

(DETIK.COM), BANDUNG,- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi masih berupaya agar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, bisa digunakan untuk pemberangkatan haji tahun ini.

“Sedang kita usahakan (agar pemberangkatan haji bisa dari BIJB),” ucapnya, saat ditemui di Pusdai, Kota Bandung, Rabu (19/7/2018).

Rencana pemberangkatan haji melalui bandara yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada 24 Mei lalu belum mendapat restu dari Kementerian Agama. Pasalnya, masih terkendala terkait tempat penampungan calon jemaah haji yang saat ini masih dipusatkan di Embarkasi Bekasi.

Disinggung mengenai kepastian bisa atau tidak bandara itu digunakan untuk pemberangkatan haji, Budi belum mau memberi kepastian. Dia malah menyarankan agar masalah tersebut ditanyakan langsung ke Kementrian Agama.

“Tanya sama Menteri Agama (Lukman Hakim Saifudin),” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Pj Gubernur Jawa Barat M. Iriawan juga masih berupaya agar jamaah haji dari Jawa Barat bisa melalui BIJB bisa terealisasi.

Dia akan berkomunikasi kembali dengan Menteri Agama terkait rencana tersebut.

“Ini sedang dalam finalisasi, saya akan berdiskusi dengan Menteri Agama sekali lagi,” ucapnya.

Iriawan tentu berharap besar BIJB bisa digunakan untuk pemberangkatan haji tahun ini. “Itu sudah saya sampaikan, saya harap ada beberapa kloter (calon jemaah haji) bisa terbang dari sana (BIJB),” katanya.

Meski begitu, dia menambahkan, BIJB telah siap digunakan. Bahkan pada Oktober nanti akan ada jemaah umroh yang akan berangkat melalui bandara baru tersebut.

“Umroh Oktober Insya Allah ada operator penerbangan,” ucapnya.

 

 

Sumber : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4121511/soal-peluang-embarkasi-haji-di-bandara-kertajati-ini-kata-menhub